MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Pengertian Manajemen
Layanan Sistem Informasi
Manajemen
Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI)
yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap
bisnis perusahaan.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan
memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan
proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak memedulikan detail
penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang
dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk
menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi
antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem
informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses
pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari
disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran
dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus
perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri
keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting,
walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Manfaat
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Berikut
adalah manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi bagi Lingkungan Sekitar:
1. Menambah
kecepatan akses/aksesibilitas data yang tersaji tepat waktu dan akurat
bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut tanpa adanya
suatu perantara sistem informasi.
2. Menjamin
tersedianya keterampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi
secara baik dan benar.
3. Mengidentifikasikan
kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
4. Menetapkan
investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
- Peranan Manajemen Layanan
Sistem Informasi:
Layanan sistem informasi
memiliki banyak peran yang sangat efektif dan juga sangat penting
bagi organisasi manapun. Layanan sistem informasi memliki banyak peran juga
dalam kegiatan – kegiatan bisnis yang sangat operasional, dan juga menunjang
oragnisasi agar dapat mengambil kesimpulan, dan juga banyak menunjang keungulan
strategi kompeitif dalam organisasi. Contohnya seperti membangun dan pelayanan
yang lebih baik lagi yang telah di sediakan oleh pelayanan sistem
informasi. Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan
sekitar ialah sebagai berikut :
- Mendukung Operasional
Bisnis.
Manajemen
layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti
akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis
yang dilakukan sehari-hari.
- Mendukung Keunggulan
Strategis.
Sistem
informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran
mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan
lainnya.
- Perencanaan Strategi
Perusahaan dan Kebijakan
Untuk
mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.
- Meningkatkan Aksebilitas
Data
Data
dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya.
- Meningkatkan Strategi Suatu
Layanan Secara Global dan Menyeluruh
Mampu
meningkatkan persaingan bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan
pengawasan pasar.
- Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan
sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya
dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
- Meningkatkan Daya Saing
Bisnis
Dengan
semakin meningkatnya persaingan, manajemen layanan sistem informasi membantu
sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar bebas karena manfaatnya bagi
perusahaan itu sendiri.
- Metode yang digunakan
Manajemen Layanan Sistem Informasi
- Total Quality Management
(TQM)TQM
adalah strategi manajemen yang ditunjukan untuk menanamkan kesadaran
kualitas pada semua proses dalam organisasi.
- Six SigmaSix Sigma adalah suatu alat
manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management
(TQM), sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami
sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk,
menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan
menghilangkan biaya.
- Business Process Management
(BPM)BPM
adalah suatu metode penyelarasan secara efisien suatu organisasi dengan
keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM merupakan suatu
pendekatan manajemen holistic untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi
bisnis seiring upaya untuk mencapai inovasi, fleksibilitas dan integrasi
dengan teknologi.
- Capability Maturity Model Integration (CMMI)CMMI adalah suatu pendekatan perbaikan proses yang memberikan unsure-unsur penting proses efektif bagi organisasi. Praktik-praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen yang disebut model, yang masing-masing ditunjukan untuk berbagai bidang yang berbeda.
Jadi, kesimpulan nya , manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi dalam
lingkungan sekitar adalah untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan
layanan sistem informasi yang nantinya akan digunakan dalam persaingan antar
bisnis suatu perusahaan.
Sumber
:
0 Response to "MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI"
Post a Comment