Ringkasan Prinsip – Prinsip 

Dasar Desain Grafis 

Pengantar Animasi & Desain Grafis

 




 

Muhammad Bintang Al Akbar

14118517

3KA22

 

  

SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

ATA 2020/2021




 

CONTOH DESAIN GRAFIS POSTER  


A. Pengertian Poster

Poster adalah suatu desain grafis yang didalamnya terdapat gambar dan kata-kata pada kertas yang berukuran besar, isinya memuat tentang informasi dan ditempel di tempat-tempat umum agar dapat dilihat atau dibaca banyak orang. Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang, poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain.

Tujuan Poster

Poster bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.

Tujuan pada poster harus disampaikan kepada orang banyak, dapat kita temukan banyak sekali poster yang ditempelkan di tempat-tempat umum atau tempat tertentu supaya diketahui oleh orang banyak.

Ciri-Ciri Poster

Poster memiliki beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut ini:

       Merupakan karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar supaya lebih mudah di baca orang banyak.

       Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat menarik perhatian.

       Berisikan kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca.

       Poster biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada didalamnya.

       Biasanya psoter di pasang ditempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya ditempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar dan lain-lain. 

B. Syarat sebuah poster:

1.  Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

2.  Kalimatnya singkat, padat, jelas dan berisi

3.  Dikombinasikan juga dalam bentuk gambar

4.  Menarik minat untuk dilihat

5.  Bahan yang digunakan bagus, tidak mudak rusak, sobek.

6.  Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca.

C. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:

1.  Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.

2.  Kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat.

3.  Tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca.

4.  Poster dipasang di tempat yang strategis.

D.  Prinsip Desain poster

1. Keseimbangan/ Balencing 

Keseimbangan merupakan prinsip dalam komposisi yang menghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang atau ruang yang diisi dengan unsur-unsur rupa. Ada dua jenis keseimbangan tata letak desain yang bisa diterapkan, yaitu desain simetris/ formal dan tidaksimetris/ asimetris/ nonformal. Keseimbangan dalam prinsip desain poster terdiri atas :

a.              Keseimbangan dalam bentuk dan ukuran

b.              Keseimbangan dalam warna

c.              Keseimbangan yang diperoleh karena tekstur.

Dari kesemuanya itu yang paling terasa adalah keseimbangan yang terbentuk dari dari komposisi

2.  Alur Baca/ Movement 

Alur baca yang diatur secara sistematis oleh desainer untuk mengarahkan “mata pembaca” dalam menelusuri informasi, dari satu bagian ke bagian yang lain.

3.  Penekanan/ Emphasis

Penekanan bisa dicapai dengan membuat judul atau illustrasi yang jauh lebih menonjol dari elemen desain lain berdasarkan urutan prioritas.Penekanan bisa dicapai dengan:

a.              Perbandingan ukuran latar belakang yang kontras dengan tulisan atau gambar

b.              Perbedaan warna yang mencolok

c.              Memanfaatkan bidang kosong

d.              Perbedaan jenis, ukuran, dan warna huruf 

4.  Kesatuan/ Unity 

Beberapa bagian dalam poster harus digabung atau dipisah sedemikian rupa menjadi kelompokkelompok informasi. Misalnya nama gedung tempat acara berlangsung harus dekat dengan teks alamat.Kesatuan dapat dicapai dengan:

a.              Mendekatkan beberapa elemen desain

b.              Dibuat bertumpuk

c.              Memanfaatkan garuis untuk pemisahan informasi

d.              Dan perbedaan informasi

e.              Perbedaan warna latar belakang

5.  Kesan/ Specific Appeal 

Poster dirancang untuk keperluan khusus berdasarkan suatu tema.Hal ini untuk memberikan “kesan” suatu sentuhan yang sesuaidengan produk, acara, atau layanan.Misalnya:

a.              Poster untuk parfum wanita sebaiknya terkesan feminin, lembut atau dekoratif

b.              Poster untuk menjual truk, sebaiknya menggunakan warna-warna yang berat, huruf-huruf yang tebal dan masif.

E. Fungsi Prinsip desain grafis poster

Berikut ini adalah fungsi dari desain yakni:

       Merupakan sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru

       Merupakan sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum

       Merupakan sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata

       Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.

       Sebagai alat bantu dalam proses menciptakan suatu objek baru.

       Sebagai sarana desainer untuk menyampaikan ide atau karya ciptanya kepada khalayak.

       Sebagai wadah untuk memaparkan tampilan objek-objek tertentu kepada masyarakat dengan suatu gambaran atau keadaan sebenarnya.

       Sebagai sarana untuk meningkatkan ilmu pengetahuan manusia sehingga lebih memahami bentuk gambar bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, value, dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

REFERENCE:

https://pakdosen.co.id/desain-adalah/

Tersedia http://belajarsemangatz.blogspot.com/2012/10/pengertian-poster.html (Diakses pada tanggal 1 November 2013)

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel