Ringkasan Prinsip – Prinsip
Dasar
Desain Grafis
Pengantar Animasi & Desain Grafis
Muhammad
Bintang Al Akbar
14118517
3KA22
SISTEM
INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2020/2021
CONTOH DESAIN GRAFIS POSTER
A. Pengertian
Poster
Poster adalah suatu desain grafis yang didalamnya terdapat
gambar dan kata-kata pada kertas yang berukuran besar, isinya memuat tentang
informasi dan ditempel di tempat-tempat umum agar dapat dilihat atau dibaca
banyak orang. Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang, poster juga
bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar
pendidikan dan lain-lain.
Tujuan Poster
Poster bertujuan untuk memberikan
informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti
apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.
Tujuan pada poster harus
disampaikan kepada orang banyak, dapat kita temukan banyak sekali poster yang
ditempelkan di tempat-tempat umum atau tempat tertentu supaya diketahui oleh
orang banyak.
Ciri-Ciri Poster
Poster memiliki beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut
ini:
• Merupakan
karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada
kertas berukuran besar supaya lebih mudah di baca orang banyak.
• Biasanya
poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat
menarik perhatian.
• Berisikan
kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca.
• Poster
biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang
penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada didalamnya.
• Biasanya psoter di pasang ditempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya ditempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar dan lain-lain.
B. Syarat sebuah poster:
1. Menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti
2. Kalimatnya
singkat, padat, jelas dan berisi
3. Dikombinasikan
juga dalam bentuk gambar
4. Menarik
minat untuk dilihat
5. Bahan
yang digunakan bagus, tidak mudak rusak, sobek.
6. Ukuran
disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca.
C. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:
1. Gambar
dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2. Kata-kata
efektif, sugestif, dan mudah diingat.
3. Tulisan
dibuat besar-besar dan mudah dibaca.
4. Poster
dipasang di tempat yang strategis.
D. Prinsip
Desain poster
1. Keseimbangan/ Balencing
Keseimbangan merupakan prinsip dalam
komposisi yang menghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang atau ruang
yang diisi dengan unsur-unsur rupa. Ada dua jenis keseimbangan tata letak
desain yang bisa diterapkan, yaitu desain simetris/ formal dan tidaksimetris/
asimetris/ nonformal. Keseimbangan dalam prinsip desain poster terdiri atas :
a.
Keseimbangan dalam bentuk dan ukuran
b.
Keseimbangan dalam warna
c.
Keseimbangan yang diperoleh karena tekstur.
Dari kesemuanya itu yang paling terasa adalah keseimbangan
yang terbentuk dari dari komposisi
2. Alur
Baca/ Movement
Alur baca yang diatur secara sistematis
oleh desainer untuk mengarahkan “mata pembaca” dalam menelusuri informasi, dari
satu bagian ke bagian yang lain.
3. Penekanan/
Emphasis
Penekanan bisa dicapai dengan membuat
judul atau illustrasi yang jauh lebih menonjol dari elemen desain lain
berdasarkan urutan prioritas.Penekanan bisa dicapai dengan:
a.
Perbandingan ukuran latar belakang yang kontras
dengan tulisan atau gambar
b.
Perbedaan warna yang mencolok
c.
Memanfaatkan bidang kosong
d.
Perbedaan jenis, ukuran, dan warna huruf
4. Kesatuan/
Unity
Beberapa bagian dalam poster harus
digabung atau dipisah sedemikian rupa menjadi kelompokkelompok informasi.
Misalnya nama gedung tempat acara berlangsung harus dekat dengan teks
alamat.Kesatuan dapat dicapai dengan:
a.
Mendekatkan beberapa elemen desain
b.
Dibuat bertumpuk
c.
Memanfaatkan garuis untuk pemisahan informasi
d.
Dan perbedaan informasi
e.
Perbedaan warna latar belakang
5. Kesan/
Specific Appeal
Poster dirancang untuk keperluan khusus
berdasarkan suatu tema.Hal ini untuk memberikan “kesan” suatu sentuhan yang
sesuaidengan produk, acara, atau layanan.Misalnya:
a.
Poster untuk parfum wanita sebaiknya terkesan
feminin, lembut atau dekoratif
b.
Poster untuk menjual truk, sebaiknya menggunakan
warna-warna yang berat, huruf-huruf yang tebal dan masif.
E. Fungsi Prinsip
desain grafis poster
Berikut ini adalah fungsi dari desain yakni:
• Merupakan
sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru
• Merupakan
sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer
kepada masyarakat umum
• Merupakan
sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu
gambaran ataupun nyata
• Merupakan
sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk
dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai
dan sebagainya.
• Sebagai
alat bantu dalam proses menciptakan suatu objek baru.
• Sebagai
sarana desainer untuk menyampaikan ide atau karya ciptanya kepada khalayak.
• Sebagai
wadah untuk memaparkan tampilan objek-objek tertentu kepada masyarakat dengan
suatu gambaran atau keadaan sebenarnya.
• Sebagai
sarana untuk meningkatkan ilmu pengetahuan manusia sehingga lebih memahami
bentuk gambar bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, value, dan sebagainya.
REFERENCE:
https://pakdosen.co.id/desain-adalah/
Tersedia http://belajarsemangatz.blogspot.com/2012/10/pengertian-poster.html (Diakses
pada tanggal 1 November 2013)
0 Response to " "
Post a Comment