TUGAS Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
TUGAS Pengantar Teknologi Sistem
Cerdas
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Dosen:
Bapak Imam
Ahmad Trinugroho, ST., MMSI.
Disusun
oleh :
Muhammad
Bintang Al Akbar
3KA22
14118517
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN
TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PTA 2020 / 2021
Pengantar
Teknologi Sistem Cerdas
1.
Definisi Kecerdasan Buatan
Definisi Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli:
Kecerdasan buatan adalah usaha
memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan
perilaku manusia. John McCarthy, 1956
Kecerdasan buatan adalah tempat
suatu penelitian, aplikasi, dan instrusksi yang terkait dengan pemrograman
komputer dalam melakukan suatu hal yang menurut pandangan manusia ⎼ cerdas. Herbert Simon, 1987
Kesimpulan yang dapat diambil dari
beberapa ahli serta pendapat dari penulis adalah kecerdasan buatan merupakan
suatu keilmuan cerdas yang diperoleh dari pemikiran manusia dalam bentuk
pemberian/pembentukan informasi sehingga terbentuk teknologi computer yang
semakin berkembang.
2.
Sejarah Kecerdasan Buatan
- 1941; era
komputer elektronik
Penemuan komputer elektronik sebagai
penyimpan dan pengolah informasi menjadi dasar perkembangan kecerdasan buatan
atau yang lebih dikenal sebagai artificial intelligence.
- 1943-1956;
era persiapan perkembangan kecerdasan buatan
Pada era ini Warren McCulloch dan
Walter Pitts telah berhasil menciptakan suatu model saraf tiruan, Norbert
Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback (thermostat),
dan John McCarthy bersama Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester
telah melakukan penelitian dalam bidang automata, jaringan saraf, dan
pembelajaran intelijensia.
·
1952-1969; era
awal perkembangan kecerdasan buatan
Pada tahun 1958, McCarthy mendefinisikan bahasa pemrograman tingkat
tinggi yaitu LISP. Selanjutnya Herbert A. Simon, J.C. Shaw, dan Allen
Newell menciptakan program komputer dengan nama General Problem
Solver.
Selain itu, program yang dapat menyelesaikan masalah integral tertutup
untuk mata kuliah Kalkulus diciptakan oleh orang hebat yang bernama James
Slagle.
- 1966-1974;
era perlambatan perkembangan kecerdasan buatan
Terdapat beberapa kesulitan yang di
hadapi seperti banyaknya program kecerdasan buatan yang bermunculan
dengan sedikit atau bahkan sama sekali memiliki pengetahuan pada subjeknya,
banyak terjadi kegagalan pada pembuatan, dan terdapat beberapa
batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk menghasilkan perilaku
intelijensia.
- 1969-1979;
era sistem berbasis pengetahuan
Pada tahun 1960-an, Ed Feigenbaum,
Bruce Buchanan, dan Joshua Lederberg merintis DENDRAL yang merupakan program
pemecah masalah struktur molekul dari informasi yang berasal dari spectometer
massa.
- 1980-1988;
era kecerdasan buatan memasuki industri
Diawali dengan ditemukannya sistem
pakar yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sistem-sistem komputer baru.
Perusahaan-perusahaan besar mendapat efek nyata dari kecerdasan buatan, seperti
Carnegie Group, Inference, IntelliCorp, dan Technoledge yang menawarkan
software tools untuk membangun sistem pakar. Perusahaan hardware seperti LISP
Machines Inc., Texas Instruments, Symbolics, dan Xerox juga turut berperan
dalam membangun workstation yang dioptimasi untuk pembangunan program LISP.
·
1986-sekarang;
era penggunaan kembali jaringan saraf tiruan
Setelah diterbitkannya buku ‘Perceptrons’ karangan
Minsky dan Papert, para ilmuwan masih mempelajari bidang ilmu tersebut dari
sudut pandang yang lain, yaitu fisika. Ahli fisika seperti Hopfield (1982)
menggunakan teknik-teknik mekanika statistika untuk menganalisa sifat-sifat
penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf.
3.
Konsep Dasar Kecerdasan Buatan
·
Pembelajaran
Mesin (Machine Learning)
Pembelajaran mesin adalah cabang
dari AI yang bertujuan untuk memberikan mesin kemampuan dalam mempelajari tugas
tanpa kode yang sudah ada. Dalam istilah yang paling sederhana, mesin tersebut
akan diberikan contoh uji coba dalam jumlah yang besar untuk tugas tertentu.
Ketika mesin tadi menjalani uji coba, mesin itu akan belajar dan mengadaptasi
strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya, mesin
pengenal gambar dapat diberikan jutaan gambar untuk dianalisis. Setelah melalui
permutasian yang panjang, mesin akan memperoleh kemampuan untuk mengenali pola,
bentuk, wajah, dan masih banyak lagi.
·
Pembelajaran
Mendalam (Deep Learning)
Pembelajaran mendalam adalah
teknik pembelajaran mesin yang mengajarkan komputer untuk melakukan apa yang
secara alami terjadi pada manusia: belajar dengan cara mencontoh. Pembelajaran
mendalam adalah teknologi utama di balik mobil tanpa kemudi (driveless
car). Itu memungkinkan mereka untuk mengenali tanda berhenti, atau untuk
membedakan pejalan kaki dengan tiang lampu. Ini adalah kunci dari kontrol suara
di perangkat konsumen seperti ponsel, tablet, TV, dan speaker hands-free.
Pembelajaran mendalam mendapatkan banyak perhatian belakangan ini karena dapat
mencapai hasil yang sebelumnya tidak mungkin.
·
Jaringan
Saraf Tiruan (Neural Network)
Neural Network atau juga disebut sebagai
jaringan saraf tiruan adalah berbagai teknologi pembelajaran yang mendalam,
yang juga berada di bawah naungan kecerdasan buatan atau AI. Neural Network
adalah paradigma pemrosesan informasi yang terinspirasi dari cara sistem saraf
biologis, seperti otak yang memproses informasi. Kunci elemen dari paradigma
ini adalah struktur novel dari sistem pemrosesan informasi.
4.
Studi Kasus Kecerdasan Buatan Dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan AI juga
sudah banyak digunakan di beberapa negara. Penggunaaan AI dalam pendidikan
antara lain sebagai berikut (Johnson, Alyssa,
2019; Schoer, Alyssa, 2018; TeachThought
Staff , 2018):
1) Membantu manajemen:
• Membantu pengelolaan manajemen
sekolah sehingga lebih lancar dan cepat.
• Membantu sebagai informan di
sekolah, bila ada yang minta bantuan atau mencari informassi yang diperlukan;
• Membanatu koreksi ujian dan tes,
sehingga para dosen dan guru diringankan;
2)
Membantu
untuk menjadi tutor bagi siswa dan mahasiswa dengan program yang disesuaikan
dengan kebutuhan, kesenangan, dan kesulitan siswa dan mahasiswa, dengan
feedback langsung seperti beberapa program:
• Nuance, di Burlington,, MA. Membantu
siswa belajar Bahasa, terutama siswa yang sulit menulis dan pengenalan katanya
kurang. Dapat mentrasnkirp 160 kata per menit.
• Knewton, di NY. Program belajar teknologi
bagi mahasiswa. Program yang digunakan ALTA, membantu mahasiswa dengan tugas
yang sesuai dengan apa yang harus diuasai.
3)
Menjadi
pengganti guru, asisten guru disaat guru tidak hadir atau guru butuh bantuan
dalam pembelajaran; dalam melatih kegiatan rutin seperti melatih olah raga anak
seperti robot berikut:
• Nao robot in school. NAO Robot in
School - for STEM, Autism and engaging students (Dalam https://www.youtube.com/watch?v=mkt52Utz2Gk).
•
Meet
Germany's first robot lecturer
(https://www.youtube.com/watch?v=Amfrm2V_KO0&t=336s).
4)
Membantu
pembelajaran yang lebih menarik, isi lebih smart, lebih disesuaika dengan
situasi nyata;
5)
Mengelompokan
dan mendeteksi siswa yang mengalami kesulitan dalam menangkap pelajaran di
kelas, sehingga guru nantinya dapat membantu lebih tepat.
Daftar Pustaka
·
Evangelino, 2017. Artificial intelligence : Definisi,
Sejarah dan Contoh Kecerdasan Buatan.
Available at: https://evangelinosite.wordpress.com/2017/09/28/artificial-intelligence-definisi-sejarah-dan-contoh-kecerdasan-buatan/
·
Hestanto, 2019. Hestanto.
Available at: hestanto.web.id/kecerdasan-buatan/
·
Yasha, 2018. Kecerdasan Buatan: Perkembangan dan
Dampak, Jakarta: PT Dewaweb.
·
Idmetafora . 2019. Mengenal 3 Konsep dasar kecerdasan buatan (artificial intelligence). Available
at https://idmetafora.com/news/read/318/mengenal-3-konsep-dasar-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence.html.
·
TeachThought
Staff. 2018. 10 Roles For Artificial
Intelligence In Education. Available at https://www.teachthought.com/the-future-of-learning/10-roles-for-artificial-intelligencein-education/
0 Response to "TUGAS Pengantar Teknologi Sistem Cerdas"
Post a Comment